KETERAMPILAN DASAR I

Keterampilan dasar adalah kemampuan dasar yang akan membantu seseorang dapat menjalankan kehidupannya di masyarakat.
Di mana keterampilan dasar tersebut akan diperoleh? Di tempat belajar. Karena pada hakikatnya belajar itu untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan dan juga sikap yang menjadi bekal dalam hidup seseorang.
Lalu apa yang bisa dilakukan seorang guru untuk siswanya agar memiliki keterampilan dasar tersebut?
Mengajarkan ilmu dan bagaimana mengaplikasikannya di dalam kehidupan nyata.
Kita ambil contoh dalam pelajaran matematika. Teori yang diajarkan adalah luas. Panjang x lebar. Teori ini diajarkan di SD. 
Pada kehidupan nyata seorang sarjana yang membangun rumah bertanya kepada tukang berapa ubin uang dibutuhkannya. Sementara tukang bangunan yang hanya lulusan SD bisa menjawab dengan baik kebutuhan ubin dengan ukuran yang berbeda. 
Di mana sekolah tukang bangunan dan di mana sekolah seorang sarjana? Tukang hanya SD dan emndapatkan keterampilan dasar yang menjadi kemampuan dasarnya ketika bekerja sebagai tukang. Seorang sarjana melanjutkan pendidikan sampaonstrata S1 sampai ilmunya spesialis pada bidang tertentu. Apakah terampil di bidangnya?
Tak terbayangkan bila si tukang tidak menguasai ilmu menghitung P x L. Hanya bisa menjelaskan tentang batu, semen, cat dan lain-lain. 
Tukang dagang di pasar mengjitung dengan cepat tanpa kalkulator sementara seorang sarjana menghitung dengan kalkulator. Sungguh ironis!
Berapa banyak ilmu yang tidak diajarkan bersama aplikasinya? Sangat banyak ... sampai kita mengeluhkan perilaku anak-anak kita. Kenapa? Karena mereka tidak mengaplikasikan ilmu yang diperolehnya pada pelajaran agama, Pkn, dll.
Berapa banyak seorang yang berpendidikan tinggi membuang sampah sembarangan, parkir sembarangan, membuka saringan knalpot, meninggalkan salat bahkan korupsi. Ke mana ilmu yang mereka peroleh?
Nah, menunggu apa lagi? Saatnya mengajar P x L = luas
Menjadi
P x L x T = isi
T atau aplikasi yang diajarkan disesuaikan dengan jenjang sekolah dan lingkungan sekolah siswa bersangkutan.

Posting Komentar

0 Komentar